Kunjungan Duta Besar Swiss untuk Indonesia ke STP NHI Bandung
STPB, 6 April 2018 | STP NHI Bandung menerima kunjungan dari Duta Besar Swiss untuk Indonesia,...
SENIOR FIRST MEETING APIEM DIGELAR DI BANDUNG
Bandung, 14 Maret 2018 | Asia Pacific Institute for Event Management (APIEM) mengadakan senior...
Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York Mengisi Ceramah Tamu di STP NHI Bandung
STPB, 13 Maret 2018 | Trie Edi Mulyani, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York yang...
Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa 2018
STPB, 21 – 22 Februari 2018 | Sejumlah 250 mahasiswa STP NHI Bandung mengikuti kegiatan Latihan...
Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Shanghai Hadir sebagai Guest Lecturer di STP NHI Bandung
STPB, 19 Februari 2018 | Siti Nugraha Mauludiah, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Shanghai...

Ceu Popong Sampaikan 4 Pilar Kebangsaan Kepada Mahasiswa STP Bandung
STPB, 9 Februari 2018 | Anggota DPR-RI Komisi X yang membidangi sektor Pariwisata, Dra. Hj....
The “Infinite” Courtesy Dinner
Bandung, 12 Maret 2017 | Dalam rangka perayaan Dies Natalis Ke-55, STP NHI Bandung...
-
Kunjungan Duta Besar Swiss untuk Indonesia ke STP NHI Bandung
Senin, 09 April 2018 13:41 -
SENIOR FIRST MEETING APIEM DIGELAR DI BANDUNG
Jumat, 23 Maret 2018 15:57 -
Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York Mengisi Ceramah Tamu di STP NHI Bandung
Jumat, 23 Maret 2018 15:57 -
Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa 2018
Senin, 19 Maret 2018 09:00 -
Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Shanghai Hadir sebagai Guest Lecturer di STP NHI Bandung
Senin, 19 Maret 2018 08:59 -
Ceu Popong Sampaikan 4 Pilar Kebangsaan Kepada Mahasiswa STP Bandung
Senin, 19 Maret 2018 08:57 -
The “Infinite” Courtesy Dinner
Selasa, 09 Mei 2017 09:49
Studi Akomodasi & Katering (SAK) - S1
Program Strata-1 ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan konseptual dalam mengembangkan dan memberikan jasa konsultasi, penelitian dan deseminasi dibidang Akomodasi dan Katering dengan segala implikasinya.
Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 150 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Pariwisata (S.Par.)
Profil Lulusan :
- Birokrat di bidang industri pariwisata;
- Teknokrat/perancang bangun dalam pembangunan pariwisata di bidang hospitalitas;
- Konsultan pariwisata industri dan bisnis hospitalitas;
- Administrator industri dan bisnis hospitalitas
- Entrepreneur industri dan bisnis hospitalitas
- Peneliti industri dan bisnis hospitalitas
- Akademisi pariwisata industri dan bisnis hospitalitas
Visi
Menjadi Program Studi Akomodasi & Katering terkemuka di Indonesia yang tetap berkepribadian Indonesia
Misi
- Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di bidang pariwisata khususnya Studi Akomodasi dan Katering melalui pengembangan kapasitas belajar
- Meningkatkan kualitas dan ragam penelitian untuk pengembangan keilmuan dan teknologi kepariwisataan, khususnya Studi Akomodasi dan Katering berbasis kearifan lokal
- Meningkatkan kapasitas aplikasi keilmuan pariwisata khususnya Studi Akomodasi dan Katering melalui pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
- Memposisikan diri sebagai agen pembaharu dalam mendorong kemandirian pembangunan kepariwisataan nasional khususnya bidang studi akomodasi dan katering.
- Berperan sebagai simpul utama jejaring pendidikan tinggi kepariwisataan khususnya bidang akomodasi dan katering di Indonesia
Tujuan
- Mengembangkan Akomodasi dan Katering sebagai ilmu yang mandiri dan bermanfaat bagi pembangunan.
- Mengembangkan program pendidikan S-1 yang memiliki kekhasan kajian dan kompetensi jasa pariwisata yang dikemas dalam kurikulum berbasis kompetensi dan menjawab kebutuhan pasar.
Sasaran
- Mengembangkan keilmuan pariwisata, khususnya cabang jasa pariwisata dalam konteks Akomodasi & Katering.
- Mampu mengembangkan keahlian dalam memformulasikan kebijakan, pengembangan SDM, perencanaan dan tata kelola jasa pariwisata, pemanfaatan sumberdaya & pengembangan produk akomodasi & katering, dan tata kelola dalam pembangunan jasa pariwisata.
- Memiliki pola berpikir taktis dan sistematis dalam proses penganalisaan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan, serta kendala kompleksitas pengembangan akomodasi & katering yang bersifat dinamis dan multi dimensi di jasa pariwisata.
- Memiliki daya nalar dan inisiatif realistis dalam memberikan solusi permasalahan pengembangan akomodasi & katering melalui rekomendasi konseptual yang aplikatif dan implementable.
Kompetensi
- Merencanakan dan melaksanakan penelitian di bidang Akomodasi & Katering.
- Memiliki kemampuan berpikir kritis, analisis kreatif, dan memecahkan permasalahan
- Mampu mengevaluasi aspek tata kelola dan tata kerja perencanaan dan pengembangan usaha akomodasi dan katering
- Mampu menganalisa kebutuhan pasar dan membandingkannya dengan kapasitas internal dalam merencanakan pola investasi di bidang akomodasi dan katering.
- Mampu merumuskan perencanaan dan melaksanakan penelitian di bidang usaha akomodasi dan katering
- Mampu menguasai Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dan memiliki kemamuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis dalam bahasa asing.
Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes)
Sikap dan Tata Nilaii
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orang lain;
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
- Menerapkan kode etik dan perilaku kepariwisataan sesuai dengan Global Code of Ethics for Tourism;
- Menerapkan nilai-nilai hospitalitas
Keterampilan Kerja Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di industri dan bisnis hospitalitas.
- Mampu mengkaji implikasi perkembangan atau implementasi ilmu pengetahuan di industri dan bisnis hospitalitas berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, dan atau kritik serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi yang diunggah dalam perguruan tinggi.
- Mampu menyusun dan mengkomunikasikan ide dan informasi industri dan bisnis hospitalitas secara efektif, melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat akademik.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan analisis dalam melakukan supervise dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
- Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan teman sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin keshahihan dan mencegah plagiasi.
- Mampu merancang dan mendirikan usaha mandiri atau menjadi konsultan dalam industri dan bisnis hospitalitas.
Keterampilan Kerja Khusus
- Mampu menguasai konsep hospitalitas yang mengintegrasikan hasil kajian lingkungan makro dan lingkungan mikro terkait industri dan bisnis hospitalitas melalui metoda kooperatif dan kolaboratif dan dapat menunjukkan hasil yang baik sesuai dengan kriteria yang ada dalam evaluasi kegiatan.
- Mampu mengaplikasikan ilmu yang berhubungan dengan industri dan bisnis hospitalitas tersebut sesuai dengan kondisi demografi, budaya, alam, ekonomi, politik dan hukum yang berlaku.
- Mampu menganalisis kebijakan yang berkaitan dengan industri dan bisnis hospitalitas baik di tingkat regional, nasional, maupun global.
- Mampu menganalisis lingkungan internal dan eksternal industri dan bisnis hospitalitas dengan menggunakan berbagai teknis dan model analisis.
- Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan di bidang industri dan bisnis hospitalitas melalui penelitian dengan pendekatan inter dan multi disiplin atau transdidplin yang menghasilkan karya ilmiah yang teruji dan original yang diakui secara nasional maupun internasional dalam bentuk publikasi saintifik pada jurnal ilmiah yang terakreditasi.
- Mampu mengaplikasikan sistem informasi hospitalitas dengan menggunakan berbagai software.
- Mampu membantu dalam rancang bangun bisnis akomodasi dan bisnis makanan/minuman.
- Mampu menunjukkan sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif.
Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai konsep teoritis tentang industri dan bisnis hospitalitas secara mendalam.
- Menguasai konsep teoritis tentang industri dan bisnis hospitalitas baik itu akomodasi maupun industri makanan dan minuman serta lingkungan demografi, alam, persaingan masa yang akan dating, budaya, politik dan hukum, ekonomi, teknologi dan informatika secara umum.
- Menguasai prinsip-prinsip terkait dengan Global Code of Ethics for Tourism.
- Menguasai pengetahuan faktual mengenai isu-isu strategis dalam bidang industri dan bisnis hospitalitas.
Administrasi Hotel (ADH) - ST/D4
Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola usaha perhotelan.
Profil Lulusan : Operational Manager.
Waktu Studi : 8 Semester (4 tahun) | Beban Studi : 154 SKS | Akreditasi : A | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sains Terapan Pariwisata (S.Tr.Par).
Deskripsi Prodi
Program Studi Administrasi Hotel sebagai salah satu program studi unggulan yang menghasilkan lulusan/tenaga kerja yang professional di bidang pengelolaan perhotelan yang berkualitas, bekerja cerdas, menguasai pengetahuan, cakap dalam keterampilan, penguasaan teknologi dan mempunyai networking, serta berkepribadian budaya bangsa agar mampu berkompetisi di era global.
Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran
Mahasiswa memiliki tata nilai dan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai hospitaliti (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian) didukung dengan keterampilan umum dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dan konsep teoritis pariwisata dan manajemen usaha perhotelan secara mendalam dan secara mandiri dapat mengelola kegiatan operasional hotel (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel).
Kompetensi
- Menganalisis Rencana Kebutuhan Hotel
- Marencanakan Prinsip-prinsip Pengelolaan Hotel
- Menilai Sumber Dana & Pemanfaatannya bagi Hotel
- Mengadaptasi Sistem Akuntansi & Pengendalian untuk Kepentingan Sistem Informasi Hotel
Profil Lulusan
Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan Diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:
- Pengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil
- Penyelia bagian sumber daya manusia
- Penyelia Akuntansi dan keuangan hotel
- Penyelia Penjualan dan Pemasaran
- Asisten Manajer Revenue
- Akademisi/Instruktur Laboratorium praktik perhotelan
- Aparatur Sipil Negara
Profil Alumni
- Deddi Setiadi, S.ST.Par (President Director Jayakarta Hotel & Resort Indonesia)
- Dewi Intan Mustikawati, S.ST.Par (General Manager V Hotel Pasteur)
- Yudha Permana, S.ST.Par (Director and Owner Global Online Management)
Artikel Selanjutnya...
Halaman 1 dari 4