Pameran Akhir Tahun 2015 Kementerian Pariwisata Republik Indonesia
Jakarta, 30 - 31 Desember 2015 | STP Bandung berpartisipasi dalam kegiatan Pameran Akhir Tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia pada hari Rabu dan Kamis, 30 – 31 Desember 2015. Berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata Jakarta, kegiatan pameran mini yang diikuti oleh seluruh satuan kerja Kemenpar tersebut termasuk ke dalam rangkaian acara Jumpa Pers Akhir Tahun 2015, disertai kegiatan apresiasi soft launching Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia, serta pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba drone dalam pengambilan gambar terbaik obyek wisata pada destinasi wisata di Tanah Air.
Menteri Pariwisata, Arief Yahya, didampingi Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara dan pejabat Eselon 1 di lingkungan Kementerian Pariwisata, serta ketua asosiasi pariwisata pada kesempatan itu memberikan penjelasan umum tentang kinerja kementerian selama tahun 2015. “Secara garis besar kebijakan dalam mengembangkan pariwisata selama tahun 2015 sudah on the track sehingga target-target yang kami tetapkan telah tercapai,” kata Arief Yahya.
Potensi pariwisata Indonesia bisa dioptimalkan dalam beberapa tahun ke depan. Oleh karena itu, Kemenpar telah menetapkan target untuk tahun 2016 dengan angka-angka yang optimis yakni jumlah kunjungan wisman sebesar 12 juta dengan devisa yang dihasilkan diproyeksikan sebesar Rp 172 triliun. Untuk mendukung target tersebut Kemenpar bersama stakeholder pariwisata telah menyiapkan rencana aksi di antaranya melanjutkan strategi pemasaran dan promosi dengan memfokuskan pada positioning dan memperkuat branding Wonderful Indonesia di negara-negara pasar utama. Selain kegiatan dalam memperkuat branding Wonderful Indonesia, kegiatan advertising dan selling dengan melibatkan para pelaku bisnis pariwisata akan tetap dilakukan antara lain dengan mengikuti kegiatan pameran pariwisata internasional di mancanegara.
Kegiatan lain yang juga strategis adalah menyelenggarakan familiarization trip untuk mengenalkan dan mempromosikan obyek wisata dengan mengundang para pemangku kepentingan pariwisata mancanegara dengan mengunjungi destinasi wisata di seluruh Indonesia dalam rangka seeing is believing. “Pariwisata sejak jauh hari telah mempersiapkan diri dalam menghadapi MEA terutama dalam kesiapan sumber daya manusia (SDM),” kata Arief Yahya.