Manajemen Bisnis Perjalanan (MBP) - ST/D4

Print
Category: Jurusan Perjalanan

 

Program Studi Pertama mendapatkan  Akreditasi BAN-PT - A | Waktu Studi : 8 Semester (4 ahun) | Beban Studi : 149 SKS | Akreditasi : BAN PT (A), UNWTO Tedqual, ISO, | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sain Terapan Pariwisata (S.Tr.Par)

 

Deskripsi Manajemen Bisnis Perjalanan

Program studi manajemen Bisnis Perjalanan adalah Program studi D-IV untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola usaha pada bagian retail perjalanan wisata serta memiliki tujuan menghasilkan pimpinan puncak pada usaha biro perjalanan wisata.

Program studi manajemen Bisnis Perjalanan adalah Program studi D-IV Untuk menghasilkan siswa yang memiliki kualitas dan daya saing internasional pada bisnis perjalanan dan dapat menjadi aset nasional yang berkualitas.

 

Visi

Menjadikan Program Studi Manajemen Bisnis Perjalanan sebagai program studi unggulan dan berdaya saing Internasional yang berkepribadian Indonesia.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bisnis perjalanan untuk menghasilkan sumber daya unggulan, berkualitas, kompetitif, menguasai pengetahuan, keterampilan dan memiliki karakter,sikap serta prilaku yang diperlukan untuk mengelola usaha jasa perjalanan dan bidang usaha terkait
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan untuk menemukan, mengembangkan dan menguji pengetahuan bisnis perjalanan dan bidang usaha terkait
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat

 

Tujuan Program

Setelah menyelesaikan pendidikan pada Program Studi Manajemen Bisnis Pelajaran, mahasiswa mampu mengelola usaha jasa di bidang bisnis perjalanan (Biro Perjalanan Wisata,  Tour Operator, Perusahaan Penerbangan, Perusahaan Kargo dan  Kapal Pesiar).

  1. Sasaran
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan konsepsi di bidang bisnis perjalanan sebagai Travel Manager, Travel Consultant, Airline Office manager, Airport station Manager, Accountant Travel Manager, Ticketing Manager, Reservation Manager, Cargo Manager, Transport Manager. (Kaum Profesional di bidang Travel Agent, Airlines, Cargo dan Transport)
  3. Menyelenggarakan Program :
  • Pembelajaran di dalam kelas (Teori & Praktek)
  • Penyelenggara Kegiatan Travel Mart yang bertaraf International (International Buyer)
  • Studi Lapangan (Field Trip) Dalam Negeri (Sumatera - jawa dan Bali) dan Luar Negeri (Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam , Hongkong, Macau)
  • Studi Laboratorium
  • Ceramah Tamu
  • Business Workshop
  • Orientasi kerja di Industri (POK) dan Praktek Kerja Nyata (PKN)
  • Pengembangan kompetensi dosen dan tenaga pengajar.

 

Kompetensi Lulusan

Setelah menyelesaikan program ini mahasiswa mampu :

  1. Mampu Mampu menginkorporasi kebutuhan wisatawan dalam melakukan perjalanan Wisata
  2. Mampu Berwirausaha di bidang perjalanan Wisata baik lingkup Kecil – Menegah dan Perusahaan Besar
  3. Mengelola kebijakan usaha  jasa di bidang bisnis perjalanan
  4. Mengelola  keuangan usaha jasa di bidang  perjalanan
  5. Menyusun investasi keuangan usaha jasa di bidang bisnis perjalanan
  6. Melakukan analisis investasi keuangan usaha jasa pariwisata di bidang bisnis perjalanan.
  7. Menyusuri pengembangan diversifikasi produk wisata yang berbasis bisnis stratejik.
  8. Membuat  model/pola perjalanan bisnis dan perjalanan wisata yang berbasis bisnis stratejik
  9. Membuat perencanaan bisnis usaha jasa di bidang bisnis perjalanan.
  10. Melakukan negosiasi bisnis usaha jasa di bidang bisnis perjalanan.
  11. Membuat kontrak bisnis  Usaha jasa dibidang bisnis perjalanan.
  12. Mengelola pemasaran usaha & Jasa di bidang  bisnis perjalanan
  13. Melakukan analisis perilaku konsumen usaha jasa di bidang bisnis perjalanan
  14. Mengelola sumber daya usaha jasa di bidang perjalanan.
  15. Mengelola  sumber daya manusia usaha jasa di bidang bisnis perjalanan.
  16. Mengelola penyelenggaraan perjalanan wisata.
  17. Mengelola penyelenggaraan perjalanan bisnis.
  18. Melaksanakan analisis proyeksi investasi dan biaya usaha jasa di bidang bisnis  perjalanan.
  19. Mengelola sistem informasi usaha jasa di bidang bisnis perjalanan.
  20. Mengelola program jaringan komunikasi usaha jasa di bidang bisnis perjalanan.
  21. Berkomunikasi dalam  bahasa inggris dan bahasa asing pilihan lainnya.

 

Profil Lulusan

  1. Travel Manager
  2. Travel Consultant
  3. Airline Office Manager
  4. Airport Station Manager
  5. Travel Accountant
  6. Ticketing Manager
  7. Reservation Manager
  8. Cargo Manager
  9. Transport Manager

 

Profil Alumni

  1. Teuku Mulizar Akbar – Owner Travelplan Indonesia
  2. Agustinus Setiawan – Owner Viva Wisata Indonesia
  3. Ian Alexandro Maua – Branch Manager Panorama Tour Jakarta

 

Capaian Pembelajaran

Sikap dan Tata Nilai

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
  11. Menunjukkan sikap terpercaya (berintegritas), responsif, professional sesuai dengan Global Code of Ethic of Tourism, dan berkepribadian Indonesia.

 

Kemampuan Kerja Umum

  1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif , bermutu, dan terukur dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni;
  4. Mampu menyusun hasil kajian tersebut dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, dan persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerjasama dan hasil kerjasama di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Kemampuan Kerja Khusus

  1. Mampu menginkorporasi kebutuhan wisatawan dalam berwisata yang mementingkan keragaman sosial budaya, kebutuhan khusus dan standar etika turisme global
  2. Mampu menghasilkan portofolio potensi dan kecenderungan pasar UPW yang menunjukkan nilai pasar yang menjanjikan berdasarkan analisis faktor-faktor yang penting dalam menganalisis potensi dan kecenderungan pasar usaha perjalanan wisata (UPW) minimal meliputi:
    1. Aturan dan isu keamanan yang berpengaruh dalam perjalanan wisata domestic dan internasional;
    2. Aturan-aturan dan panduan menyangkut keimigrasian;
    3. Aturan dan panduan menyangkut moda transportasi;
    4. Destinasi pariwisata dan aspek geografis;
    5. Perilaku dan profil wisatawan, termasuk wisatawan berkebutuhan khusus;
    6. Sumber daya transportasi, akomodasi, fasilitas makan minum, dan fasilitas cindera mata dari aspek keterjangkauan, harga dan ketersediaan akses;
    7. Waktu dan musim; dan
    8. Informasi  (tercetak maupun media online) mengenai produk dan layanan usaha perjalanan wisata.
  3. Mampu merancang dan merencanakan berbagai produk UPW (paket wisata luar negeri, paket wisatawan asing dari luar negeri, paket domestik dengan spesialisasi minat khusus, paket wisatawan dengan kebutuhan khusus)  berdasar pada hasil butir 1 dan 2 serta kebutuhan wisatawan sebagai pertimbangan utama, meliputi kemampuan:
    1. mengidentifikasi dan menjalin kerja sama dengan penyedia jasa UPW (atraksi, akomodasi, transportasi, fasilitas wisata dan pelayanan lainnya);
    2. menghitung harga paket UPW, menetapkan saluran distribusi dan bentuk promosi.
  4. Mampu memasarkan produk UPW berbasis metode pemasaran (minimal korespondensi, presentasi, dan personal selling) dengan menggunakan komunikasi bisnis persuasif dalam:
    1. Bahasa Indonesia yang baik dan benar;
    2. minimal satu bahasa internasional atau bahasa asing lainnya yang setara dengan kemampuan berbahasa tingkat intermediate;
  5. Mampu merancang media promosi yang akan dipergunakan dalam menjual produk UPW, menetapkan saluran distribusi produk perjalanan wisata yang dihasilkan dan melaksanakan teknik penjualan secara langsung.
  6. Mampu merancang sistem penanggulangan resiko UPW dan alternatif penanganan resiko tersebut.
  7. Mampu memberikan nilai tambah pada sistem  operasi berbagai jenis UPW meliputi kemampuan:
    1. menangani konflik, stres, dan keluhan yang muncul dalam pelaksanaan kegiatan dan mencari solusi yang terbaik bagi pihak-pihak yang terkait.
    2. mengelola keuangan menggunakan sistem akuntasi yang bersifat umum;
    3. mengelola SDM, aset dan logistik UPW yang dapat berkontribusi pada peningkatan kinerja bisnis UPW;
    4. membuat laporan tertulis yang mencakup proses pra tour, saat tour, maupun paska tour sesuai dengan SOP atau kerangka acuan kerja yang berlaku;
    5. melakukan evaluasi diri dalam meningkatkan keberlanjutan kegiatan operasional UPW.
  8. Mampu berwirausaha di bidang UPW pada lingkup usaha kecil-menengah, meliputi kemampuan:
    1. membaca peluang pasar;
    2. menghitung biaya produksi dan kelabaan, serta menyusun rancangan anggaran biaya;
    3. memperoleh modal kerja;
    4. mengoperasikan bisnis UPW dengan prinsip efisiensi dan efektivitas;
    5. melakukan evaluasi diri dalam meningkatkan keberlanjutan bisnis UPW.

 

Penguasaan Pengetahuan

  1. Dalam menyusun rancangan, mengelola dan membangun bisnis baru UPW, lulusan wajib menguasai pengetahuan fundamental sebagai berikut:
    1. Menguasai secara umum  konsep teoretis pariwisata.
    2. Menguasai  wawasan dan pengetahuan faktual tentang budaya lokal di Indonesia dan Budaya Bangsa lain yang menjadi pangsa pasarnya
    3. Menguasai wawasan dan pengetahuan faktual tentang teknologi informasi dan teknik aplikasinya pada usaha perjalanan
    4. Menguasai pengetahuan faktual mengenai:
      1. Aturan dan isu keamanan yang berpengaruh dalam perjalanan wisata domestik dan internasional
      2. Aturan-aturan dan panduan menyangkut keimigrasian
      3. Destinasi pariwisata dan aspek geografis
      4. Sumber daya transportasi, akomodasi, fasilitas makan minum, dan fasilitas cindera mata dari aspek keterjangkauan, harga dan ketersediaan akses.
      5. Waktu dan musim
      6. Informasi  (tercetak maupun media online) mengenai produk dan layanan usaha perjalanan wisata
  2. Dalam bidang penyusunan rancangan UPW, lulusan wajib menguasai pengetahuan spesifik sebagai berikut;
    1. Menguasai secara mendalam konsep teoretis perilaku konsumen (consumer behaviour theoretical concept),
    2. Menguasai secara mendalam konsep hospitalitas,  perjalanan wisata (atraksi, akomodasi, transportasi, fasilitas wisata, dokumen perjalanan) dan pelayanan prim
    3. Menguasai konsep, prinsip, metode, dan teknik pembuatan  produk perjalanan wisata, presentasi, promosi,  negosiasi dan kerja sama usaha
  3. Dalam bidang pengelolaan UPW, lulusan wajib menguasai pengetahuan spesifik sebagai berikut:
    1. Menguasai secara umum manajemen penanggulangan resiko usaha perjalanan wisata, resolusi konflik, penanganan stress dan keluhan.
    2. Menguasai metode dan teknik analisis laporan dan rasio keuangan minimal tingkat pengembalian investasi (ROI), nilai bersih sekarang (NPV), nilai bersih yang akan datang (FV) dan tingkat pengembalian investasi (IRR)
    3. Menguasai metode dan teknik analisis laporan dan rasio keuangan
    4. Menguasai konsep manajemen SDM dalam bidang  peningkatan kualitas kinerja.
    5. Menguasai konsep, prinsip, dan teknik membangun kerja sama tim lintas organisasi dan lintas  budaya.
    6. Menguasai konsep, prinsip, dan teknik komunikasi persuasif baik lisan dan tulisan dengan pelanggan, menggunakan Bahasa Indonesia, minimal satu bahasa internasional atau minimal satu bahasa asing lainnya
  4. Dalam bidang membangun bisnis baru UPW, lulusan wajib menguasai pengetahuan spesifik sebagai berikut:
    1. Menguasai konsep teoritis kewirausahaan dan prinsip bisnis yang berkelanjutan (green business).
    2. Menguasai konsep teoritis bauran pemasaran dan bauran penjualan.
    3. Menguasai prinsip dan metode presentasi, negosiasi, dan penjualan produk usaha perjalanan wisata.
    4. Menguasai konsep, prinsip, dan teknik:
      1. studi kelayakan usaha perjalanan wisata dengan menggunakan analisis biaya dan manfaat (cost benefit analysis); dan
      2. penganggaran sederhana.

 

 

Tuesday the 10th. Joomla Templates Free. @stp bandung | jl. dr setiabudhi 186 Bandung 40141, jawa barat, indonesia .